Panama Papers


Baru saja, kita simak pemberitaan di media massa, entah itu di TV, radio, surat khabar baik yang offline maupun online…… semuanya membicarakan tentang PANAMA PAPERS….dan ternyata banyak yang terlibat….termasuk orang indonesia sendiri. saya tidak mau membicarakan siapa saja yang terlibat….semoga anda tidak terlibat…….biarkan saja mereka, toh sudah ada yang berkompenten untuk mengurusinya.

apakah PANAMA PAPERS itu? berikut ilustrasi untuk memahami tentang PANAMA PAPERS.

  1. Budi punya celengan di rumah. Tapi Mamanya Budi selalu cek isi celengan Budi setiap kali Budi memecahkan /membuka celengannya.
  2. Amir juga punya celengan di rumahnya sendiri tapi tidak pernah dicek sama Mamanya Amir. Maka Budi menitipkan celengannya di rumah Amir.
  3. Mendengar bahwa celengan Amir tidak pernah dicek sama Mamanya Amir, teman-teman Amir dan Budi semua menitipkan celengan mereka semua di rumah Amir (ini yg dinamai OFFSHORE INVESTMENT).
  4. Suatu hari Mamanya Amir memeriksa kamar Amir dan mendapati ada banyak celengan di sana (ini namanya ACCIDENTAL AUDIT ) lengkap dengan tulisan nama pemiliknya (ini namanya PANAMA PAPER ). Maka Mamanya Amir mengontak semua mama-mama dari anak2 yang nitip celengan mereka di rumah Amir.
  5. Ternyata Budi menitipkan celengan di sana karena Mama Budi memaksa Budi untuk memberi sumbangan setiap Budi memecahkan celengannya (ini TAX/PAJAK ).
  6. Lain lagi si Polan, ia mengisi celengannya dari hasil memalak teman-temannya (ini MONEY LAUNDERING).
  7. Badu mengisi celengannya dari hasil berjualan Cireng di sekolah tanpa seijin ortunya yang menginginkannya fokus pada sekolah (ini ILLEGAL BUSINESS ).
  8. Mama Budi akhirnya tau kalo anaknya nitip celengan di tempat Amir, lalu mama Budi bilang ke anaknya: “Nak, simpan aja celenganmu di rumah. Mama tdk akan cek celenganmu” (ini namanya TAX AMNESTY).

panama papers

Semoga Bermanfaat…


Leave a Reply