Sakit Pinggang


Penyebab Nyeri Punggung BawahLow back pain (LBP) atau sakit punggung / sakit pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sulit menentukan penyebab sakit pinggang tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Maka, disarankan sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto rotgen atau MRI daerah tulang belakang. Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri.

Mengenai kebiasaan Anda untuk mengangkat anak dari kasur bawah harus diperhatikan dengan benar bagaimana posisi tubuh Anda. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

semoga Anda terhindar sakit pinggang, selamat beraktivitas.


4 responses to “Sakit Pinggang”

  1. This is very attention-grabbing, You’re an excessively professional blogger.
    I’ve joined your rss feed and look forward to searching for more of your magnificent
    post. Also, I have shared your site in my social networks

Leave a Reply